Usia Terbaik untuk Mulai Belajar Piano

Usia Terbaik untuk Mulai Belajar Piano

Beberapa orang tua ingin anaknya belajar mengenai pendidikan musik tetapi masih banyak hal yang membuat mereka bimbang, harus mulai dari mana anak saya belajar musik? Apa sudah cukup usia anak saya untuk belajar musik? Apakah anak saya bisa belajar musik? Menurut sebuah artikel dari Hoffman Academy ada seorang anak berusia 3 tahun mulai belajar bermain piano lambat laun saat anak itu berusia 10 dia bisa menjadi seorang pianist profesional yang baik, lalu bagaimana jika anak-anak di usia remaja baru ingin belajar piano. Apakah sudah terlambat? Apakah mereka tidak bisa bermain pianist?

Jawabannya adalah tidak terlambat dan pasti bisa menjadi seorang pianist, mengapa dimikian? Anak-anak yang memulai belajar piano di usia remaja dengan tekun dan rajin pasti akan lebih mudah untuk berkembang. Siapapun dan dari usia berapa pun yang ingin belajar musik dan meluangkan waktu untuk berlatih, pasti bisa untuk mencapai apapun yang di cita-citakan. Kembali lagi pada judul artikel ini Berapa usia terbaik untuk memulai pelajaran piano? Apa saja yang perlu disiapkan? Apa saja syaratnya? Mari kita bahas satu persatu

Waktu terbaik untuk memulai belajar piano ialah saat anak-anak berusia 5,5 tahun, namun ada beberapa anak-anak dibawah usia tersebut sudah dapat belajar piano. Bagaimana kita bisa mengetahui bahwa anak-anak sudah mampu bermain piano? Berikut adalah penjelasan secara singkatnya :

  1. Ukuran tangan

Coba letakkan tangan anak-anak pada 5 tuts putih yang berdekatan, apakah anak anda bisa melakukannya? Jika anak bisa melakukannya maka secara tidak langsung anak anda sudah dapat belajar piano, awali pelajaran anak-anak anda dengan menggunakan keyboard terlebih dulu

  1. Keluwesan jari

Jika Anda meminta anak Anda untuk mengangkat tangan dan menggoyangkan, katakanlah, hanya jari manis tangan kiri mereka, dapatkah mereka melakukannya? Sebelum mulai bermain piano, anak-anak harus bisa menggerakkan jari-jari individu. Selain itu, orang tua juga dapat melatih peregangan dan kelemasan jari anak dengan berlatih lagu-lagu pendek setiap waktu luang, hal ini bertujuan untuk membantu mereka agar lebih mudah dan cepat belajar piano.

  1. Minat anak-anak terhadap musik

Poin satu ini sangatlah penting untuk para orang tua ketahui, mengapa demikian? Seorang anak yang memiliki minat akan bermain musik akan jauh lebih cepat perkembangannya dalam bermain musik. Selain itu, para orang tua juga perlu memotivasi ketika anak-anak sedang mengalami kesusahan dalam belajar piano.

Jadi usia berapakah yang terbaik untuk memulai belajar piano? Jawabannya adalah secepat mungkin dengan catatan anak-anak telah mampu memenuhi persyaratan ukuran tangan, keluwesan jari dan minat bermain piano.

Referensi terkait:
What Is the Best Age to Begin Piano Lessons?
Berapa Usia Ideal si Kecil Belajar Musik
Berapa Usia Ideal Anak untuk Belajar Piano?

Simak artikel terkait lainnya:

Lihat blog-magazine dalam bentuk ebook mengenai manfaat bermain piano, cara belajar bermain piano, serta cara merawat piano. Download di sini.

Leave a comment