Bermain Piano Memiliki Sejumlah Manfaat Bagi Tumbuh Kembang Anak

Dikutip dari dr. Karin Wiradarma (@karin.wiradarma), diakses pada http://www.klikdokter.com (klik di sini)

Serta dari dr. Karlina Lestari, diakses pada http://www.sehatq.com (klik di sini)

Ternyata terdapat sejumlah manfaat bermain piano bagi tumbuh kembang anak ditinjau dari aspek kesehatan, simak tulisannya berikut:

Manfaat Belajar Piano untuk Anak

Tak sedikit orang tua yang melibatkan anaknya untuk lebih aktif di bidang musik, misalnya dengan memberikan les piano. Tak pelak, melatih kemampuan bermain musik seperti ini juga punya manfaat yang signifikan bagi tumbuh kembang anak.

Lewat 88 kunci dan ratusan senar internal, piano standar menghasilkan banyak suara dan nada yang unik. Menguasai sistem nan rumit ini tidak hanya menghasilkan musik yang indah. Sebuah penelitian menyebut bahwa hal ini dapat membantu anak-anak membangun keterampilan bahasa mereka.

Meskipun biaya kursus piano tidaklah murah, zaman modern kini, para orang tua berbondong-bondong mendaftarkan anak-anak mereka untuk mengikuti les piano. Belum lagi harus mengatur waktu untuk mengantar jemput anak les piano, serta menemani anak latihan piano secara berkala.

Apalagi les piano juga turut menyita waktu yang lumayan bagi anak untuk belajar pelajaran sekolah atau sekadar mengerjakan PR. Tapi tak ada usaha yang terbuang, kan?

Sebab, banyak penelitian yang telah membuktikan berbagai manfaat bermain piano

  1. Menurunkan Waktu Bermain Gawai
    Anak memang dapat belajar menggunakan gawai, namun penggunaan gawai yang berlebihan dapat memberikan dampak negatif bagi anak. Dengan bermain piano, diharapkan anak bisa mendapatkan kesibukan lain yang bermanfaat untuknya, selain bermain gawai.
  1. Meningkatkan Kemampuan Membaca
    Anak Anda kesulitan membaca? Piano dapat membantunya untuk meningkatkan kemampuan memori dan verbal agar anak lebih mudah belajar membaca.

  2. Mengurangi Stres
    Tidak hanya orang dewasa, anak pun juga bisa mengalami stres. Stres pada anak bisa disebabkan oleh masalah akademis yang terlalu berat, masalah dalam pertemanan, di keluarga, dan lain-lain. Studi membuktikan bahwa bermain piano dapat lebih menurunkan stres yang dialami oleh anak.

  3. Meningkatkan IQ
    Berbagai studi menemukan bahwa anak yang bermain piano sejak kecil dapat membantu meningkatkan kecerdasannya, yang dibuktikan dengan peningkatan IQ.
  1. Meningkatkan Kemampuan Belajar
    Bermain piano dapat menstimulasi bagian otak yang berfungsi untuk belajar. Karena otak dilatih untuk multitasking, khususnya bila seorang anak terlibat aktif dalam bermusik. Banyak area otak, baik bagian kiri maupun kanan, yang akan aktif oleh stimulasi musik.

    Sedangkan, belajar memainkan alat musik akan melatih anak untuk bisa fokus terhadap suatu aktivitas dalam satu periode tertentu. Hal tersebut akan bermanfaat pula di bidang lain, misalnya saat mengikuti proses belajar di sekolah

    Saraf-saraf otak pun ditemukan dapat terkoneksi dengan lebih baik dan lebih cepat, sehingga anak bisa menangkap pelajaran, berpikir, dan mengasah kemampuan dengan lebih cepat.

  2. Meningkatkan Performa Akademis
    Studi menemukan bahwa aspek kognitif anak yang bermain piano seperti memori, perencanaan, dan bahasa menjadi lebih baik setelah anak bermain piano setidaknya 2,5 tahun.

    Kemampuan bermain piano untuk meningkatkan IQ dan kemampuan belajar anak tecermin dari peningkatan performa akademis anak di sekolah.

    Penelitian sekolah di Beijing yang melibatkan murid TK berusia 4 atau 5 tahun memberikan hasil yang menguatkan manfaat bermain piano. Percobaan ini dibagi dalam tiga kelompok berbeda.

    Kelompok pertama mengambil tiga pelajaran piano 45 menit setiap minggu, satu kelompok lainnya mendapat jumlah instruksi bacaan tambahan yang sama, dan kelompok terakhir tidak melakukannya. Setelah 6 bulan masa penelitian, hampir seluruh kelompok tidak menunjukkan perbedaan signifikan dalam pengukuran kemampuan kognitif secara umum. Namun, kelompok piano tampil lebih prima dan unggul dari segi kecerdasan.

    Bahkan dibandingkan dengan rekan-rekan mereka dari kelompok lain, anak-anak yang mengambil pelajaran piano secara signifikan lebih baik dalam membedakan kata-kata yang diucapkan seseorang. Piano ternyata memengaruhi elemen penting dan kompleks dari pemrosesan bahasa.

  3. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa
    Bermain piano terbukti dapat meningkatkan kemampuan bagian otak yang ‘bertanggung jawab’ untuk mempelajari bahasa. Berlatih piano akan mengasah dan meningkatkan kemampuan auditori atau pendengaran anak dan meningkatkan kemampuannya untuk menangkap bahasa dengan lebih cepat dan efisien.

    Sebuah penelitian membuktikan bahwa anak sekolah dasar yang telah berlatih piano selama 3 tahun memiliki kemampuan berbahasa dan perbendaharaan kata yang lebih baik ketimbang anak yang tidak bermain piano.

    “Ada bukti bahwa paparan awal terhadap praktik piano meningkatkan pemrosesan suara tidak hanya dari musik, tetapi juga ke dalam bahasa,” kata John Gabrieli, peneliti dari Massachusetts Institute of Technology. John dan rekan-rekannya memaparkan hasil penelitian mereka lewat jurnal yang diterbitkan dalam Proceedings of National Academy of Sciences.

    Lebih lanjut lagi, Gabrieli menjelaskan, saat telinga anak-anak dilatih untuk membedakan nada di piano, mereka mampu menjadi lebih baik dalam menguraikan elemen kunci dari penguasaan bahasa.

  4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
    Anak yang terbiasa bermain piano akan ‘dipaksa’ untuk tampil dan menerima perhatian dari banyak orang. Apabila dilakukan secara terus-menerus, hal tersebut lama-kelamaan dapat meningkatkan rasa percaya dirinya.

  5. Meningkatkan Jiwa Sosial
    Studi membuktikan bahwa anak yang terbiasa berlatih piano memiliki kemampuan sosial (seperti saling membantu dan berbagi) yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak bermain piano.

  6. Meningkatkan Kreativitas
    Anak yang rajin berlatih piano akan memiliki kreativitas yang lebih tinggi, karena berlatih piano akan meningkatkan kemampuan bagian otak depan yang berhubungan dengan kreativitas dan improvisasi.
  1. Meningkatkan Kemampuan Matematika
    Pelajaran matematika merupakan momok bagi banyak anak sekolah, karena dinilai rumit. Namun studi menemukan bahwa anak yang rajin berlatih piano memiliki kemampuan menangkap dan belajar matematika yang lebih cepat dibandingkan dengan anak yang tidak berlatih piano. Kemampuan spasial (ruang) juga lebih baik pada anak yang bermain piano.

Serangkaian manfaat bisa didapatkan anak dengan bermain piano. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mendaftarkan anak untuk kursus piano. Namun jangan lupa, bicarakan hal ini dengan anak terlebih dahulu, ketahui keinginan dan minatnya.

Hindari memaksakan kehendak kepada anak. Apabila anak kurang berminat dengan piano, Anda bisa menawarkan alat musik lain yang mungkin digemari.

Sumber:

  1. Wiradarma, Karin. 2020. Ini Alasan Mengapa Anak Perlu Les Piano. Diakses pada 30 Oktober 2021, dari https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3579395/ini-alasan-mengapa-anak-perlu-les-piano
  2. Resna, Nenti. 2020. Belajar Piano Memiliki Manfaat yang Tidak Diduga-duga bagi Anak. Diakses pada 28 Oktober 2021, dari https://www.sehatq.com/artikel/belajar-piano-memiliki-manfaat-yang-tidak-diduga-duga-bagi-anak

Sejumlah manfaat lain dari bermain piano juga dapat disimak melalui video berikut

Mungkin tidak ada satu keterampilan yang lebih memuaskan selain mampu memainkan alat musik dengan baik. Sebagai orang tua, keputusan untuk mendukung perkembangan musik putra-putri Anda adalah salah satu hadiah terbesar yang dapat Anda berikan.

Banyak sekali manfaat belajar bermain piano. Beberapa penelitian telah dilakukan terhadap anak-anak yang memainkan alat musik versus mereka yang tidak. Singkatnya, terdapat banyak bukti bahwa mempelajari alat musik akan mempercepat perkembangan kognitif anak usia dini.

Musik adalah bahasa unik yang mampu berbicara kepada setiap orang dari segala usia dan etnis. Kemampuan berkomunikasi dengan orang banyak dan menyampaikan interpretasi dalam bentuk musik adalah bakat yang luar biasa untuk dimiliki.



Simak artikel terkait lainnya

Lihat blog-magazine dalam bentuk ebook mengenai manfaat bermain piano, cara belajar bermain piano, serta cara merawat piano. Download di sini.

Leave a comment