Kiat Merawat Piano Akustik

Bandung – Salam sejahtera, melalui tulisan ini saya ingin berbagi pengalaman dan beberapa tips mengenai cara mudah memelihara alat musik piano. Pada dasarnya menjaga dan merawat alat musik ini tidak jauh berbeda dengan merawat barang kesayangan kita pada umumnya, Namun perlu diketahui bahwa alat musik jenis ini cukup rentan terhadap perubahan suhu dan cuaca terutama pada musim penghujan dengan tingkat kelembaban yang sangat tinggi. Hal ini akan mempengaruhi performansi mekanik piano. Pada kondisi kelembaban yang tinggi, mekanik bagian dalam piano akan mengalami suatu kondisi yang mengakibatkan pergerakan mekanik menjadi seret/kaku sehingga pergerakan tuts tidak lancar ketika dimainkan bahkan cenderung macet, tidak mau kembali ke posisi semula (tuts tidak naik kembali ke atas).

Menghadapi fluktuasi suhu dan kelembapan lingkungan dengan menggunakan heater
Salah satu cara untuk mencegah kondisi tersebut yaitu dengan memasang heater (penghangat) supaya suhu di dalam piano tetap terjaga, dan yang tidak kalah penting yaitu bahwa piano harus sering dimainkan karena ini merupakan bagian dari aktivitas perawatannya. Dalam setiap unit piano terdapat mekanik, dan setiap rangkaian mekanik mempunyai beberapa engsel gerak, sehingga dengan seringnya memainkan piano akan melancarkan dan melemaskan gerakan engsel – engsel tersebut agar menjadi tidak kaku.

Menjaga performansi suara dengan melakukan tuning (stem)
Selain itu, untuk menjaga performansi suara piano agar nada tetap pick (tidak false), anda bisa melakukan tuning/stem secara berkala setidaknya 6 – 12 bulan sekali atau ketika performansi suara piano sudah tidak standar (false) ketika dimainkan. Di sisi lain, jika dilakukan tuning secara berlebihan atau terlalu sering juga kurang baik untuk ketahanan pin block piano. Maka demikian, jika nada piano masih nyaman untuk dimainkan, walaupun 2 – 3 tahun tidak dilakukan tuning/ stem adalah tidak menjadi masalah karena jika kondisi pin block piano masih bagus akan memiliki ketahanan yang cukup lama untuk mempertahankan peformansi suara.

Masalah dengan tikus
Tidak sedikit ditemukan masalah piano disebabkan dari tikus. Untuk mencegah supaya tidak masuk tikus, Anda bisa menyumpalkan busa (misalnya busa yang biasa dipakai untuk jok kursi) di bawah lubang pedal sesuai ukurannya, ini terbukti efektif karena busa sifatnya elastis jadi tidak menganggu kinerja fungsi pedal.

Menjaga tampilan body piano
Untuk merawat body piano agar cat tetap kilap yaitu cukup dengan dilap kering yang halus atau sekali-kali boleh dengan menggunakan obat mengkilap meubel dan jangan pernah dilap dengan kain basah/kanebo. Memang sesaat terlihat bersih tapi lama-lama akan memudarkan tampilan kilap cat permukaan piano sehingga terlihat kusam.

Penempatan piano
Untuk penempatan piano sebaiknya hindari diletakan berdekatan dengan kamar mandi, taman dengan ruangan udara bebas keluar atau tempat yg terlalu lembab.

Selamat mencoba semoga bermafaat.

Kontributor. Adang Driyana. Senior Piano Technician.

Kontributor. Adang Driyana. Senior Piano Technician.

Artikel terkait mengenai perawatan piano:

Simak artikel lainnya:

Kontributor. Adang Driyana.
Editor. Bagus Dhaka.

Leave a comment