Saling Berbagi & Berkolaborasi Mengatasi Aneka Ragam Permasalahan Piano Akustik di Piano Today Forum

Piano Today Forum

Piano Today Forum

  • Suara piano saya tidak terdengar jelas, suaranya mati, kenapa ya?
  • Pedal piano saya saat diinjak tidak bisa naik lagi, tidak kembali lagi ke posisi awal, Apa kayu penyangganya rusak ?
  • Suara piano saya false, sudah saya stem berulang kali, namun tetap saja tiba – tiba false lagi suaranya. kok bisa gitu? Apa kualitas senarnya uda jelek dan mesti diganti?
  • Tuts piano saya macet, ketika ditekan, tutsnya tidak kembali lagi ke posisi awal. Apa mekaniknya kotor?
  • Piano di rumah saya kemasukan tikus, saya khawatir kayunya atau suaranya jadi jelek. Apa tidak apa apa?
  • Piano saya enggak pake heater, apa ga masalah dengan kualitas suaranya?
  • Ketika tuts piano tertentu ditekan, suara piano saya selalu diiringi suara gemerisik yang mengganggu, sangat mengganggu. Suara dari mana itu? bagaimana cara benerinnya?

Pertanyaan – pertanyaan di atas adalah beberapa contoh keluhan yang paling sering diutarakan saat kami menerima respon dari pelanggan. Masalah masalah piano di atas mungkin dapat terdengar begitu parah terhadap kondisi piano, namun tidak semua benar.

Banyak hal – hal yang kita kira rusak parah namun ternyata hanya disebabkan oleh hal – hal yang sangat sederhana misalnya secara tidak sengaja anda menyimpan alat tulis di atas piano lalu tidak sengaja pencil yang anda simpan tersebut terjatuh ke dalam piano yang tutup mekaniknya sedang terbuka sehingga pensil tersebut menyumbat mekanik tuts dan menyebabkan tuts macet. Contoh lainnya yaitu saat Anda memainkan piano anda di sebuah ruangan musik, tiba – tiba suara piano anda diiringi suara gemerisik yang sangat mengganggu, anda bingung mengapa suara piano anda terdengar jelek namun penyebabnya adalah piano anda berada begitu dekat dengan peralatan musik drum milik anda sendiri di ruangan tersebut, sehingga saat anda memainkan piano pada nada yang tinggi atau gaduh, getaran yang ditimbulkan dari piano tersebut direspon oleh simbal drum yang berada di dekat piano anda, sehingga masalahnya bukanlah berasal dari piano anda tetapi respon yang timbul dari simbal tersebut yang berdekatan dengan piano anda. Sangat sederhana bukan? namun hal – hal kecil yang tidak disadari tersebut seolah terlihat masalah yang parah.

Di Piano Today Forum membahas aneka masalah seperti hal – hal di atas, siapapun boleh bergabung dan saling berbagi. Salam berbagi!

2 thoughts on “Saling Berbagi & Berkolaborasi Mengatasi Aneka Ragam Permasalahan Piano Akustik di Piano Today Forum

  1. Permisi agan,saya numpang tanya..
    Saya punya piano merk steinberg asli berlin,germany..
    Gimana ya cara mengetahui tahun pembuatannya??mksi

    • Hallo Eka

      Tahun pembuatan piano bisa diketahui dari nomor seri yang tertera di besi frame dalam. Tahun pembuatan piano mengacu pada no seri.

      Sejauh yang kami tahu,
      Merk tersebut memang ada yang build up nya, tp yang beredar di Indonesia kebanyakan produk lokal termasuk Steinberg.

      Untuk mengenali produk tersebut lokal atau build up nya, Eka bisa perhatikan di engsel piano tutup atas sama tutup depan (engsel penutup tuts) dan susunan mekaniknya.

      1. Berdasarkan Jenis engsel. Jika piano build up, umumnya engselnya terbit dari kuningan dan ukurannya (diameter engsel) cenderung lebih besar.
      Sedangkan produk lokal, umumnya menggunakan bahan dari plat kaleng atau besi layaknya engsel pintu lemari zaman dulu.

      2. Berdasarkan susunan mekanik. Jika piano build up, susunan mekaniknya cenderung terlihat lebih rapi sekalipun piano tua. Sedangkan piano lokal sebaliknya.

      Umumnya, pada piano build up tertera no seri, sehingga tahun pembuatannya dapat diketahui, sedangkan pada piano lokal tidak tertera no seri sehingga sulit untuk mengetahui tahun pembuatannya.

      Demikian Eka, semoga dapat membantu.

      Gabung di forum diskusi seputar piano di Piano Today Forum. https://katenzopiano.wordpress.com/piano-today-forum

Leave a comment